test

Gejala Pneumonia dan Cara Penangananya
Pneumonia adalah istilah lain dari penyakit paru-paru basah. Pneumonia adalah infeksi yang memicu inflamasi pada kantong-kantong udara di salah satu atau kedua paru-paru.
Pneumonia adalah salah satu jenis infeksi yang sering terjadi pada bayi. Pneumonia atau radang paru merupakan sebagai infeksi yang sering menyerang bayi. Penyebab pneumonia adalah virus dan juga bakteri, bakteri yang menyerang biasanya dari jenis streptococus dan haemophylus influenzae.
 
Pada artikel kali ini saya akan bahas mengenai gejala dan penanganan pneumonia, semoga sedikit membantu masalah anda sebagai bentuk pemberian kasih sayang anda sebagai orang tua terhadap anak.
 
Gejala awal pneumonia adalah;
  • Gejala awal pneumonia yang pertama adalah Suhu badan akan naik, mengalami sesak napas, minum terasa sulit. Sedang gejala pada bayi antara lain batuk, sesak napas, tidak mau minum ASI, dan rewel.
  • Pada bayi 0-28 hari atau satu bulan, frekuensi batas napasnya sampai 60 kali tarikan dalam 1 menit. Sedangkan anak pada usia diatas 1 bulan  tapi masih dibawah 1 tahun, terjadi 50-60 tarikan per menit. Hal tersebut harus diwaspadai.
Penanganan pneumonia:
  • Bayi akan diberikan antibiotik spektrum luas melalui infus yang diberikan 4-6  kali sehari.
  • Penanganan pneumonia selanjutnya adalah Setelah sembuh bisa diberikan vaksinasi, tapi vaksinasi masih terbatas untuk kuman jenis haemophilus influenzae type B, sedangkan untuk jenis lainya belum ada vaksinasinya. Bayi bisa divaksin mulai usia 2 bulan dengan disuntik 3 kali. Bila divaksin mulai 6 bulan harus disuntik 2 kali, sedangkan diatas 1 tahun diperlukan sekali suntikan.
Itulah pemahaman pneumonia yang perlu anda pahami. Semoga bermanfaat bagi anda semua.
Reactions:

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top